Nationalism and Proud to be Indonesian

Nasionalisme adalah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (dalam bahasa Inggris “nation”) dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia. Dalam catatan sejarah, peran serta pemuda selalu hadir dalam setiap fase-fase perjuangan. Pada saat kebangkitan nasionalisme Indonesia misalnya, muncul gerakan Boedi Oetomo tahun 1908. Meskipun gerakan ini hanya mencakup masyarakat Jawa saja, namun gebrakannya tetap menjadi inspirasi bagi tumbuhnya rasa kebangsaan. Dalam gerakan ini, sejumlah mahasiswa kedokteran Stovia, Jakarta, yang sudah muak terhadap para penjajah, bangkit membentuk organisasi yang membela kaum papa, dengan memberikan pelayanan kesehatan bagi rakyat yang hidupnya menderita. Demikian pula pada saat berjuang merebut kemerdekaan, peran nyata para pemuda pelajar dan mahasiswa sungguh luar biasa keberaniannya. Sehingga Indonesia mencapai pintu gerbang kemerdekaan. Sebuah momentum yang sangat dicita-citakan oleh seluruh bangsa Indonesia. Sama seperti dulu, semangat para pemuda Indonesia tidak ada habisnya di masa kini para pemuda selalu muncul dengan gebrakan – gebrakan baru demi bangsa kita ini.

Tantangan dalam menumbuhkan semangat para pemuda di era globalisasi ini pun sangat banyak mulai dari pengaruh bangsa asing yang membuat semangat mereka agak berkurang, globalisasi juga berdampak pada aspek ekonomi. Semakin banyak restoran dari luar yang membuka cabang ke Indonesia yang berdampak dengan semakin hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri ini.

metode yang efektif untuk kita khususnya para pemuda agar lebih mencintai negreri ini adalah dengan memulainya dari diri sendiri, setelah apa yang terjadi pada masa lalu, masa penjajahan dimana semua rakyat menginginkan kemerdekaan, dan sekarang setelah kita merdeka jiwa nasionalisme kita hilang begitu saja? tentu itu sangan memilukan. Maka dari itu mulailah dari diri sendiri. Kalau bukan kita yang mengambil langkah pertama untuk menjadi contoh bagi yang lain maka siapa lagi?

rekomendasi yang saya berikan untuk para pemuda saat ini adalah “mari buka pikiran anda dan jagalah harta warisan ini jangan sampai kita di jajah ulang dengan cara yang berbeda, mari cintai negeri ini mulai dari hal yang terkecil sekalipun agar tidak hilang, dan yang terpenting jangan sampai jiwa nasionalisme kalian sampai pudar atau hilang”.

sumber reff

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s