Kurangnya kesadaran akan rambu lalu lintas

IMG20170624132233.png(foto: Jl. Otto Iskandar Dinata – jalanan pasar baru Bandung)

ini adalah salah satu contoh permasalahan yang selalu dihadapi di kota-kota besar yaitu masalah lalulintas. ini dibuktikan oleh tingginya tingkat pelanggaran lalulintas di jalan raya yang menyebabkan kemacetan dan seringkali menyebabkan kecelakaan. Rambu lalu lintas merupakan simbol aturan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap yang wajib untuk diikuti dan dipatuhi oleh seluruh pengguna jalan, tapi pada saat ini pelanggar rambu lalu lintas yang dilakukan oleh para pengguna jalan dapat kita saksikan setiap hari dan terjadi hampir di setiap ruas jalan.

Pelanggaran terhadap rambu rambu lalu lintas terus terjadi dan begitu memprihatinkan, dan cenderung terus bertambah banyak. Bahkan beberapa pengemudi tetap melanggar rambu lalu lintas walaupun jalan tersebut sudah diberikan peringatan seperti dilarang parkir di area jalanan tersebut (contoh gambar).

Seharusnya pengendara lebih paham akan bahaya dan akibat dari melanggar hukum yang telah ditetapkan tersebut. Karena pelanggaran tersebut akan menimbulkan kemacetan bahkan lebih buruk lagi seperti kecelakaan. Disinilah perlunya kesadaran dan kepatuhan terhadap hukum dan juga ikut berperannya aparat kepolisian dalam menjaga tata tertib lalu lintas.

Mungkin bagi beberapa pengguna jalanan hal ini masih di anggap sepele karena merasa “ah kan cuma mampir bentar” dan beberapa alasan lainnya yang kurang logis, padahal sudah jelas rambu – rambu itu melarang nya, nah sanksi nya pun sudah jelas dalam UU sebagai berikut :

UU Republik Indonesia No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, juga menyebutkan beberapa sanksi dan denda akibat ketidakpatuhan akan hukum dalam tata tertib lalu lintas. Dimana dalam pasal yang berbunyi : “Setiap pengendara yang melanggar rambu lalu lintas dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah).” -Pasal 287 ayat (1)

nah maka dari itu ayo mari ciptakan kenyamanan menggunakan jalan raya dengan patuhi setiap rambu – rambu yang ada, agar meminimalisir kecelakaan yang bisa terjadi kapan saja, terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s